Pages - Menu

Senin, 14 Januari 2019

Refleksi PPEP 3

    Assalamualaikum, pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan refleksi pembelajaran PPEP tentang soal HOTS (high order thinking skill) yang disampaikan oleh Ibu Yuli Rahmawati, M.Sc., Ph.D. Setelah menjelaskan secara singkat tentang materi soal HOTS (high order thinking skill), kami diberikan tugas untuk membuat satu soal HOTS (high order thinking skill). Saat membuat soal HOTS saya berfikir bahwa untuk satu soal HOTS saja sudah sulit apalagi guru di sekolah yang harus membuat soal HOTS (high order thinking skill) lebih dari satu.

     Soal HOTS (high order thinking skill) yang sudah kami buat selanjutnya ditukar dengan teman lain untuk dikerjakan. Lalu, dinilai berdasarkan rubrik yang telah kami buat.

     Sekarang ini, hampir setiap sekolah sudah menerapkan kurikulum 2013.Pada kurikulum 2013 soal HOTS (high order thinking skill) menjadi salah satu hal yang membebankan menurut siswa. Siswa dituntut untuk berfikir kritis, memahami, dan memecahkan masalah yang disajikan dalam soal. Soal HOTS (high order thinking skill) bukanlah soal yang mudah untuk diselesaikan karena terdiri dari beberapa step dan dibutuhkan pemahaman materi yang baik untuk menyelesaikannya. Namun, keterampilan siswa akan meningkat jika berhasil menyelesaikan soal HOTS (high order thinking skill).

     Sekian dan terima kasih.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar