Pages - Menu

Senin, 14 Januari 2019

Refleksi PPEP 5

    Assalamualaikum, saya akan menyampaikan refleksi materi pembelajaran PPEP tentang pengelolaan kelas yang disampaikan oleh Ibu Yuli Rahmawati, M.Sc., Ph.D. Tugas seorang pendidik bukan hanya mengajar dan mendidik siswa tetapi juga dibutuhkan kemampuan untuk mengelola kelas. Pengelolaan kelas bukan tugas yang mudah karena hal ini adalah hal yang tidak bisa dicapai dengan satu pertemuan saja.

    Seorang guru perlu menyiapkan RPP sebelum mengajar di kelas. Guru juga perlu membuat planning untuk setiap materi pembelajaran, datang ke kelas dengan keadaan sudah siap. Dalam hal ini guru harus menguasai materi yang akan diajarkan, menyiapkan instrumen/tugas yang akan diberikan kepada siswa, dan menghitung alokasi waktu. Setelah itu, guru harus menunjukkan rasa percaya diri dalam mengajarkan. Karena jika guru tidak percaya diri dapat menimbulkan keraguan-raguan dalam diri siswa bahkan sampai meremehkan kemampuan guru. Nauzubillah.

    Berdasarkan pengalaman, saya mengajar privat memang berbeda sekali dengan mengajar siswa di kelas. Namun ada beberapa persamaan yaitu saya perlu menyiapkan diri sebelum mengajar. Seperti menguasai materi yang akan diajarkan, menghitung alokasi waktu, menyiapkan soal yang akan diberikan kepada siswa privat yang saya ajarkan.

   Sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar