Pages - Menu

Rabu, 05 Desember 2018

Refleksi PPEP 2

      Assalamualaikum, pembelajaran kali ini membahas tentang Penilaian pada tanggal 12 November 2018 yang bertempat di Gedung KH. Hasjim Asj'arie ruang 305 Universitas Negeri Jakarta yang dipandu oleh ibu Yuli Rahmawati. Dalam pembelajaran terdapat 2 jenis penilaian, yaitu: assessment dan evaluasi. Assessment merupakan penilaian yang memberikan feedback kepada siswa, sedangkan evaluasi merupakan penilaian yang memberikan judgement kepada siswa.

Penilaian terbagi 2, yaitu :
1. PAN adalah penilaian untuk membandingkan hasil belajar siswa dengan hasil dalam kelompoknya (dalam kelas atau sekolah) dengan asumsi bahwa siswa memiliki kemampuan berbeda.
2. PAK adalah penilaian untuk membandingkan hasil belajar siswa di suatu tempat dengan tempat lain denga asumsi semua orang bisa belajar apa saja namun waktunya yang berbeda (adanya kriteria berupa skor minimal).

Assessment terbagi menjadi 2 jenis, yaitu:
1. Low stake assessment : penilaian yang tidak menentukan lulus/tidaknya siswa. Contohnya: ulangan harian.
2. High stake assessment : penilaian yang menentukan lulus/tidakanya siswa, bersifat judgement. Contohnya: tes SBMPTN.

Ada beberapa jenis Assessment, yaitu:
1. Berdasarkan objek : diagnostic test, formative test, dan summative test.
2. Berdasarkan learning contents : performances, knowledge.
3. Berdasarkan study response : structural response, free response.

       Selanjutnya pembelajaran dilanjutkan dengan presentasi tentang materi daya beda dan pengecoh, kelompok yang maju mempresentasikan tentang pengertian, rumus, dan contoh perhitungan daya beda dan pengecoh. Analisis daya beda bertujuan untuk menentukan kemampuan siswa yang pandai dengan yang kurang pandai, sedangkan analisis pengecoh bertujuan untuk menentukan pilihan jawaban yang difungsikan sebagai pengecoh jawaban.

      Sekian, semoga bermanfaat. Wassalamualaikum.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar